Sabtu, 22 Desember 2012

Suku Krui, Lampung ---

Jumat, 21 September 2012

Suku Krui, Lampung

suku Krui
Suku Krui atau Ulu Krui, adalah salah satu suku yang terdapat di provinsi Lampung. Suku Krui ini tersebar di sekitar pantai bagian barat kabupaten Lampung Barat provinsi Lampung. Masyarakat suku Krui ini dikelompokkan juga sebagai masyarakat Peminggir yang menetap di sekitar perairan Way Krui. Populasi suku Krui diperkirakan sebesar 30.000 orang. Suku Krui ini kadang disebut juga sebagai suku Lampung Krui.

Orang Krui termasuk ke dalam golongan masyarakat Lampung yang beradat Saibatin, seperti yang dilaksanakan oleh masyarakat Lampung Peminggir lainnya.
Bahasa yang diucapkan oleh masyarakat suku Krui ini adalah bahasa Lampung Umung (Lampung Cawo) atau disebut sebagai dialek Api.

Masyarakat suku Krui ini dikatakan berasal dari Paksi Pak Tungkok Pedang, yang berasal dari masa sebelum adanya Paksi Skalabrak. Setelah Paksi Pak Skala Brak berdiri, Paksi Pak Tungkok Pedang membubarkan diri dan pindah ke daerah Ranau Komering Ulu. Dari wilayah ini keturunan Paksi Tungkok Pedang melanjutkan perjalanan ke daerah Lampung. Sebagian menuju daerah pantai dan beradat Peminggir, sedangkan lainnya menuju daerah pedalaman melanjutkan tradisi adat Pepadun yang dibawa dari Skalabrak.

pakaian adat suku Krui
Suku Krui dianggap serumpun dengan suku Komering yang berada di daerah Liba Haji di Muara Dua Komering Ulu. Suku Komering merupakan penghuni Skalabrak yang juga berasal dari keturunan Paksi Pak Tungkok Pedang.

Pada masa penjajahan Belanda wilayah adat Ulu Krui diperintah oleh keturunan Rakihan Sakti. Tetapi pemerintahan ini terlalu lemah sehingga pada tahun 1928 ketika pembentukan marga marga oleh pemerintahan Hindia Belanda pada tahun 1930, Ulu Krui berbentuk Marga. Atas dukungan dari Suntan Akbar Sukau, Marga Ulu Krui dipimpin oleh Japilus.

Setelah Indonesia merdeka, eks Kewedanaan Krui kembali ke pangkuan Ratu Pak di Lampung. pada tahun 1966 Abdullah Syurkati Buay Bulan dan Buay Aji mengambil hak ulayat warisan nenek moyang mereka Tanah Ulu Krui. Sejak saat itu Ulu Krui menjadi desa dibawah pimpinan Kepala Desa H. Khaliq, dengan wilayah meliputi;
1. Suka Raja (Gedung Cahya).
2. Suka Marga (Kamal).
3. Kampung Baru dan sebagian daerah Kejadian.

Atas jasa masyarakat Krui dalam mewarnai adat budaya Lampung, Gubernur Lampung Zainal Abidin Pagar Alam merenovasi total masjid tua dekat Balai Kratun Ulu Krui di Sukaraja-Ulu Krui, yaitu Masjid Nurul Iman, Krui di Sukaraja Pekon Ulu Krui.

Masyarakat suku Krui sebagian hidup pada bidang pertanian, mereka menanam lada, kopi dan cengkeh sebagai sumber penghasilan mereka.

sumber:
  • ulukrui-waykrui.blogspot.com: ulu krui perwatin telu
  • wikipedia
  • foto: saliwanovanadiputra.blogspot.com
  • dan sumber lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar